Press "Enter" to skip to content

Program Studi Ilmu Keperawatan FKM UMI Sosialisasikan Diabetes Millitus di PKM Parangloe Gowa

INDIKATORINTIM.COM – Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UMI adakan sosialisasi perawatan diri akan Pasien Diabetes Mellitus, Rabu Pagi (16/10) di Puskesmas Parangloe Kabupaten Gowa.

Kegiatan sosialisasi ini dibawakan langsung oleh Dosen Prodi Ilmu Keperawatan FKM UMI, Wa Ode Sri Asnaniar S.Kep, Ns, M.Kes dan Nur Wahyuni Munir S.Kep, Ns, M.Kep yang diikuti oleh penderita diabetes melitus juga kader Puskesmas Parangloe.

Menurut Wa Ode Sri Asnaniar tujuan utama dalam sosialisasi ini adalah implementasi Tri Dharma Perguruan tinggi.

“Melalui Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPKM) UMI, kami adakan sosialisasi dengan materi berisi konsep akan diabets millitus (DM), Diet DM, Latihan Jasmani, dan Latihan Senam Kaki Diabetik, Serta Pemeriksaan Glukosa darah setiap pendertita DM. Mengingat bahwa penyakit tersebut masuk sepuluh besar penyebab kematian pada seluruh umur di Kabupaten Gowa,” ucapnya melalui sambungan telepon, Rabu (16/10/2019)

Ia menjelaskan secara umum bahwa diabetes mellitus terjadi akibat gaya hidup salah terutama yang menyebabkan akumulasi menumpuknya kadar gula dalam darah dan berada di atas ambang batas normal yang bersifat kronis juga jangka panjang.

“Sebagai salah satu wilayah Desa binaan Universitas Muslim Indonesia (UMI), Kecamatan Parangloe Kabupaten Gowa. Perlu kiranya sedini mungkin mengaktualisasikan disiplin ilmu yang didapat. Sejatinya dalam dunia pendidikan, sosialisasi akan pencegahan dan perawatan diri penyakit diabetes mellitus yang kami lakukan ini adalah bagian dari tridharma perguruan tinggi,” pungkasnya.(*)

Follow and like us:

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial