Press "Enter" to skip to content

Perkuat Peran Akhwat, Mathla’ul Anwar Maluku Melakukan Kegiatan Penguatan Kapasitas Muballigah 2021

Perkuat Peran Akhwat, Mathla’ul Anwar Maluku Melakukan Kegiatan Penguatan Kapasitas Muballigah 2021

INDIKATORINTIM.COM – Kegiatan Penguatan Kapasitas muballigah yang digelar Pengurus Wilayah Mathla’ul Anwar Provinsi Maluku, di hadiri langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku, Bapak H.Jamaludin Bugis,S.Ag dan Rektor IAIN Ambon DR.Zainal Abidin Rahawarin, M.Si. bertempat di kediaman Ketua PW MA Maluku Bapak Drs.H Abd Kadir el, M.Si. Sabtu, (04/09/2021).

Kegiatan PW Mathla’ul anwar Maluku 2021

Pada kesempatan itu, Kakanwil Kemenag Maluku menyampaikan muballigah adalah ujung tombak yang berfungsi memberi pesan ajaran agama kepada masyarakat, maka diharapkan peserta dapat membekali diri dalam setiap menyusun materi ceramah, dan motede yang sesuai, agar diterima oleh masyarakat.

Lanjutnya, konsep moderasi beragama sebagai jalan tengah bagi juru dakwah perempuan guna materi ceramah yang disampaikan bisa diterimah semua kalangan, dalam menciptakan iklim sejuk bagi kehidupan masyarakat yang aman, damai serta tentram ditengah situasi pandemi Covid 19, maupun kedepan nanti, “ujarnya”

Di kesempatan yang sama Rektor IAIN Ambon bapak Dr.Zainal Abidin Rahawarin.M,Si, yang juga selaku Wakil Ketua Majelis Amanah MA Maluku menyampaikan bahwa perlunya penekanan pada pendekatan program yang mengarah dalam upaya peningkatan kwalitas Pendikan , dakwah, sosial sebagaimana visi misi berdirinya MA.

Bapak Zainal Abidin Rahawarin juga mengingatkan semoga upaya kegiatan seperti ini perlu ditingkatkan dan disamping pengembangan kegiatan seperti ini perlu kiranya ditambahkan juga bimbingan pelayanan jenazah bagi ibu-ibu, maupun peningkatan kapasitas bagi imam dimasjid, serta kegiatan lain yang relevan sesuai kebutuhan. Namun dari semua itu yg perlu diingatkan agar para muballigah memiliki referensi yg secukupnya dalam meningkatkan kwalitas dakwa bagi akwat nanti, tutupnya.

Proses berlangsungnya kegiatan pelatihan penguatan kapasitas Muballigah tahun 2021

Dalam agenda yang sama Ketua PW Mathla’ul Anwar Provinsi Maluku Drs. H Abdul Kadir El, M,Si penyampaian ucapan selamat datang kepada Kakanwil kemenag Provinsi Maluku dan Rektor IAIN Ambon serta peserta muballigah.

H.Abdul Kadir El mengisahkan histori perjalanan Mathla’ul Anwar yang didirikan pada 9 Agustus 1916, oleh Kiai Haji Mas Abdurahman dan kawan-kawan yang bergerak di bidang dakwah, pendidikan dan sosial.

Hingga saat ini berusia 105. Dengan mendirikan satuan pendidikan diantaranya, RA/TK, Mts, MA, SMA sampai SMK dan Perguruan Tinggi. Hingga kini tersebar di seluruh Indonesia, termasuk Maluku.

“Sejumlah sekolah tersebut berada di Kota Masohi Kabupaten Maluku Tengah dan Kota Bula Kabupaten Seram Bagian Timur. Insyaallah kami akan menggagas satuan pendidikan di daerah lain nanti. Sehingga di harapkan kerjasama semua element dan pengurus menjadi kekuatan dalam mewujudkan semua niatan baik tersebut.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

css.php
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial